Sabtu, 20 Juni 2009

Awak Atlantis Mulai Perbaikan Hubble


CAPE CANAVERAL - Para awak pesawat ulang alik Atlantis telah berhasil mencapai teleskop luar angkasa Hubble dan segera memulai perbaikan teleskop yang penuh risiko.

Sebelumnya, sempat terjadi kerusakan pada bagian bawah pesawat karena terjadi benturan dengan sampah luar angkasa.

Dalam pemeriksaan selama sepuluh jam terhadap bagian pelindung pesawat, ketujuh awak Atlantis menemukan adanya robekan pada bagian itu. Kerusakan terjadi di sayap kanan pesawat dan kemungkinan terjadi ketika Atlantis melewati orbit.

Namun seperti yang telah disebutkan juru bicara NASA kemarin, kerusakan tersebut telah diperbaiki dan tidak mengancam misi penerbangan.

News Yahoo, Kamis (14/5/2009) melansir, pada saat pertama kali menyentuh Hubble, para awak Atlantis mengaku sangat takjub menemukan bahwa teleskop yang telah lama mengorbit itu masih dalam kondisi yang sangat baik.

"Ini adalah pemandangan yang menakjubkan. Hubble yang telah mengorbit di luar angkasa selama 19 tahun nampak masih dalam kondisi yang sangat baik dan sangat fantastik," demikian laporan John Grunsfeld, salah satu awak misi perbaikan teleskop.

Setelah awak Atlantis meninggalkan selesai memperbaiki Hubble minggu depan, tidak akan ada lagi misi penerbangan ke Hubble berikutnya. Pasalnya, misi kali ini merupakan misi perbaikan Hubble ke lima sekaligus yang terakhir kalinya.

Oleh karenanya NASA sangat fokus mempersiapkan misi ini dan rela mengeluarkan dana lebih dari USD1 miliar. Manajer misi penerbangan NASA pun memilih dua astronot handal yang sebelumnya sudah pernah ke Hubble. Kedua astronot itu adalah Michael Massimino dan John Grunsfeld yang sudah tiga kali melakukan misi ke Hubble.

Atlantis berangkat dari Bumi sejak Senin 11 Mei lalu dan akan melakukan misi perbaikan Hubble selama 11 hari. Perbaikan ini akan memperpanjang kinerja Hubble hingga lima tahun ke depan.

Sumber : tekhno.okezone

Tidak ada komentar: