Jumat, 26 Juni 2009

AS Luncurkan Ulang Alik Militer Tahun 2010


WASHINGTON - Angkatan udara Amerika Serikat, US Air Force (USAF) mengungkapkan rencana mereka untuk mengorbitkan sebuah pesawat ulang alik militer bernama X-37B tahun depan.

"Setelah berulang kali tertunda, proyek ini akhirnya bisa segera diwujudkan. X-37B dipastikan akan meluncur pada Januari 2010," kata Kapten Elizabeth Aptekar dari USAF.

Pesawat bersayap yang terlipat di dalam selubung roket Atlas V Evolved Expendable Launch Vehicle (EELV) itu akan meluncur dari Cape Canaveral, Florida. X-37B akan mengitari bumi kemudian mendarat tanpa panduan pilot di California.

"Pesawat kini telah siap untuk proses pengapalan dan X-37B siap menjelalajah. Persiapan sebelum peluncuran akan memakan waktu selama 60 hari," kata Aptekar seperti yang dikutip dari Space.com, Minggu (7/6/2009).

Sebelumnya, X-37B yang memiliki panjang badan pesawat 27,5 kaki dan panjang sayap 15 kaki serta bobot seberat 5 ton ini digunakan untuk mengisi persediaan di wahana antariksa. Namun pesawat tersebut kemudian berganti fungsinya menjadi roket Delta.

Kemudian pada Juli 1999, Boeing Phantom Works mulai mengembangkan X-37 melalui sebuah kontrak kerja sama dengan NASA. Kontrak tersebut termasuk peralatan uji pendaratan X-37 yang dirancang khusus untuk pesawat antariksa.

Peluncuran X-37B memiliki mini untuk menguji coba segala kemungkinan melalui eksperimen dan teknologi. Termasuk menguji sistem proteksi termal dengan suhu tinggi yang tahan lama, mudah disimpan, bahan bakar cair yang tidak beracun serta model aerodinamis terbaru.

"Semua itu sudah disesuaikan unutk pesawat antariksa bekas pakai di masa yang akan datang," tandas Aptekar.

Sumber : techno.okezone

Tidak ada komentar: