Senin, 02 Februari 2009

Bulan


Halo... Ketemu lagi... kali ini saya memosting tentang bulan.
Silahkan....

Bumi mempunyai satelit alami, yakni bulan. Bulan sebenarnya tidak memancarkan cahaya sendiri, bulan memantulkan cahaya dari matahari. Bulan merupakan satu - satunya benda langit yang pernah didatangi dan didarati manusia. Jika matahari digunakan sebagai perhitungan tahun masehi, maka bulan digunakan sebagai dasar perhitungan tahun baru islam atau biasa disebut sebagai tahun hijriyah.

Jarak rata-rata dari bumi ke bulan sekitar 384.493km atau sekitar 300 kali diameter bumi. Diameter Bulan adalah 3.474 km,[1] sedikit lebih kecil dari seperempat diameter Bumi. Ini berarti volume Bulan hanya sekitar 2 persen volume Bumi dan tarikan gravitasi di permukaannya sekitar 17 persen daripada tarikan gravitasi Bumi. Bulan beredar mengelilingi Bumi sekali setiap 27,3 hari (periode orbit), dan variasi periodik dalam sistem Bumi-Bulan-Matahari bertanggungjawab atas terjadinya fase-fase Bulan yang berulang setiap 29,5 hari (periode sinodik).

Di bulan tidak terdapat udara ataupun air. Banyak kawah yang terhasil di permukaan bulan disebabkan oleh hantaman komet atau asteroid. Ketiadaan udara dan air di bulan menyebabkan tidak adanya pengikisan yang menyebabkan banyak kawah di bulan yang berusia jutaan tahun dan masih utuh. Di antara kawah terbesar adalah Clavius dengan diameter 230 kilometer dan sedalam 3,6 kilometer. Ketidakadaan udara juga menyebabkan tidak ada bunyi dapat terdengar di Bulan.


Tidak ada komentar: